Selasa, 08 April 2008

Langkah Tepat Menuju Langsing




Pas ke ruang PD, di Koran Kompas hari Selasa, tanggal 8April 2008, pada lembar KLASIKA, ada artikel tentang bagaimana supaya langsing. Kayanya bagus juga dech langkah-langkahnya.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Mengganti cemilan
Katanya kita harus ganti cemilan yang biasa ada di ruang kerja kita atau di rumah kita. Cemilan itu bisa diganti dengan salad atau sayuran. Wah padahal gua suka banget tuch ama cemilan, apalagi kalu cemilan itu kacang. Kaya hari ini, di ruang PD ada cemilan kacang oleh-oleh dari Palangkaraya yag dibawa Pak Iton. Wah harus gua tahan neh. Namanya kalau udah sekali cemil kacang, kalau nggak sampai habis kayanya kurang puas dech. Tapi yah kayanya gua harus belajar nahan dech makan kacang.
Udah di rumah juga ada cemilan kacang atom lagi, tapi untungnya istri gua ama eja suka ingetin, tapi kadang pas malam gua umpet-umpet makan kacang ..

2. Banyak minum air putih.
Ini emang udah lama gua denger. Kayanya kalau gak salah Pak Herman pernah ngomong dech, kalau bangun tidur sebelum makan atau sikat gigi coba dech minum sebanyak-banyaknya. Tapi ini berat loch, gua coba pas bangun tidur langsung minum kanyanya rasanya enek dech pengen muntah.

3. Mengatur makan siang
Katanya sebaiknya makan siang itu teratur pada jam yang sama. Yah sich kadang-kadang kalu gua terlambat makan siang, jadi kaya balas dendam dech makannya. Jadi harus diusahakan pada jam yang sama kalau makan siang, jangan sampai terasa laparnya.

4. Membatasi porsi makan
Mulailah membatasi porsi makanan, mulai dari porsi nasinya, katanya bertahap dech, mulai dikurang 3/4 porsi dulu, trus kalau udah bisa ditambah dikurangi porsi nasinya menjadi 1/2 dari kebiasaan.
Kayanya ini berat dech, apalagi kalau nasinya pulen, anget lagi, pas ikannya cocok, trs ada sambel, kayanya maunya nambah terusss dech. Tapi yah gua mau coba dech ngurangi porsi nasi.

5. Lebih sering bergerak
Yah sekalian silaturahmi dengan seksi lain dech. Jadi kita tahu informasi yang hangat. Apalagi kalau kita sering-sering nongkrong di keuangan, jadi kalau ada kabar tentang uang rapel atau uang apakah jadi cepat tahu. Juga sering ke seksi lain dech. Sambil ngincer kalau-kalau ada komputer yang nganggur jadi bisa dipinjem untuk bikin posting di blog. Jadi tiap hari tuch kayanya harus sering pindah-pindah ruangan dech biar banyak gerak. Wah apalagi kalau udah pindah kantor, bisa banyak bergerak nech, dari satu tempat ke tempat lain, jadi sehat tuch.

Tapi kemaren gua dikomplain ama pak acep sich, katanya ini si wawan kok seringnya di ruang PD, mau pindah kah, wah jadi nggak enak neh. Harus cari ruangan yang lainnya. Kayanya di persos kalau siang ada tuch komputer yang bisa dipake.

6. Jagan lupa berolahraga.
Minimal katanya 1-2 kali seminggu bisa berenang, tenis, atau aerobik. Tapi saya punya usul ada olahraga yang murah meriah, nggak perlu modal, cukup sepatu olahraga atau kalau kuat bisa nyeker, yaitu lari pagi di komplek.
asal ada kemauan kayanya olahraga ini nggak tergantung siapa-siapa dech dan murah.
Yah kalau beli treadmill kan mahal padahal aspal di komplek kita bisa kita jadikan treadmill, cuma bedanya kalau treadmill yang bergerak, tapi kalau di aspal kita yang bergerak. he...he

Selamat mencoba yah.

Tidak ada komentar: