Kamis, 14 Februari 2008

EKSPOSE, PEMBINAAN dan HUT

Waduh kemaren mulai dari pagi sampai magrib tumben ada aacara yang dull. Pagi acara ekspose hasil penelitian tentang penyakit layu bakteri pada tanaman pisang (kepok), trus pas di kantor ada pembinaan dari tim penilai fungsional teknisi dari Bogor trus disambung acara ulang tahunnya anaknya marinus (petra) yang ketiga.

acara pertama yang dilaksanakan di BAPPEDA KAB. Banjar ini ttg hasil kajian dari Jurusan Hama dan Penyakit Fakultas Pertanian Unlam mengenai penyakit layu bakteri pada
kepok. Ternyata pisang kepok yang dulunya menjadi andalan kabupaten banjra dan merupakan potensi besar bagi masyarakat sekarang produksinya menurun tajam karena ada serangan layu bakteri. Berdasarkan informasi dari Balai proteksi bahwa serangan layu ini awalnya sejak tahun 2003 penyakit layu fusarium sudah terjadi, tapi masyarakat masih berat untuk mengatasinya . Dan sekarang berkembang menjadi penyakit layu bakteri. Penyakit ini lebih sulit untuk mengatasinya. Berdasarkan hasil kajian dari unlam penyakit dibawa (vektor) oleh lalat. Hasil rekomendasi perlu adanya perlindungan mulai sejak dini yaitu pada tanaman sejak bayi, pada tapak/lubang tanam dan perawatan. Ini yah berat bagi masyarakat yanitu perawatan.

Dari awal sebelum berangkat sama pak acep, kita udah bertanya-tanya ada manfaatnya gak nih acaranya seminar ini, tapi karena menjalankan tugas dari kepala balai untuk menghadiri acara tersebut ah kita hadir aja. Meskipun dari kantor nggak ada dukungan apa-apa. Mau pinjam mobil aja susah banget. Mau dikasih pinem mobil 475 nggak ada solarnya, padahal mau tugas resmi ada disposisi surat untuk menghadiri. Ini merupakan catatan bagi kantor bagaimana dukungan bagi para fungsional. Padahal sebagai lembaga riset menghadiri acara seminar ini penting loch. Selain untuk menambah wawasan bagi para fungsional dan emang tugasnya juga untuk mengenalkan kepada kawan-kawan di pemda ini loch keberadaan kita. Sekaligus kita juga berusaha berkontribusi dalam kegiatan seminar. Kita emang dituntut untuk tidak hanya hadir tapi kalau bisa berkontrobusi pada acara tersebut. Tapi kantor menganggap enteng aja acara tersebut.

Pernah suatu waktu lalu, doni disuruh menghadiri diskusi public tentang rawa gambut. Karena ada disposisi untuk menghadiri acara tersebut kok nggak ada tanggapan/dukungan langsung dari kantor. Kita nggak mengharap banyak kok dari kantor minimal bisa sampae ke tempat aja sukur. eh ini transport ke sana aja susah banget disuruh pake duit sendiri, aduh kasihan banget neh fungsional.

Trus acara kedua pembinaan dari bogor bagi para teknisi litkayasa yang disampaikan oleh Bapak Wesman (ketua tim penilai teknisi) dan bapak sofwan (anggota tim penilai). Waduh acaranya berat juga udah ngantuk berat nech. Tapi disuruh mewakili kelti yach hadir aja sich. Tapi sayangnya pada paparan sore tadi kok terlalu banyak memeparkan hasil penelitian dari bapak wesman yach, bukannya ditekankan pada pembinaan teknisi atau mungkin karena saya aja yang ngantuk.

Walaupun acara kedua belum habis tapi kepala Balai awalnya sudah ngasih tahu acara sampai jam 4 yach saya minta ijin keluar jam 4. Soalnya mau cepat-cepat ngajak eka untuk acara HUTnya Petra. Untung kado udah disapin dari kemaren jadi tinggal pulang ke rumah mandi trus berangkat.

Pas di rumah marinus udah banyak juga kawan-kawan yang datang. Rame juga yach banyak anak-anak, Hampir semua angkatan kami sudah punya momongan. ada yang udah dua (ulil ama yuli), dan ada yang tinggal nunggu hari lahir ananknya (doni). Padahal acara kayak gini bagus huga kalau diadakan minimal setiap tahun yach sekalian silaturrahmi nech dan mengenal lebih dekat lagi. apalagi anak-anak kit alagi lucu-lucunga neh. Selamat ulang tahun yach petra.

Waduh udah dulu yach hari ini, soalnya masih banyak kerjaan harus bikin laporan, rptp, ama tulisan prosiding .
Salam kompak selalu.....

Tidak ada komentar: