Senin, 18 Februari 2008

Intropeksi diri

Waduh belakangan ini gua dapat protes dari anak saya, kata anak saya, " Ada apa sich mah bapak minta eja suruh maju-maju terus di kelas?. Waduh ini merupakan bentuk protes anak saya kepada saya. emang sich minggu-minggu kemaren, setiap pulang sekolah saya tanya anak saya, maksudnya untuk ngedorong semangatnya untuk maju ke kelas dan kalau nggak disuruh yah tunjuk tangan lah supaya dipanggil ibu ke depan, minimal mengerjakan sesuatu, untuk meningkatkan percaya dirinya. Eh ternyata anak saya keberatan juga. Waduh akhirnya yah agak saya kurangi pertanyaan, "za tadi maju nggak di kelas". Trus diganti sekarang pertanyaan " za gimana di sekolah tadi?, biar dia sendiri yang cerita mau maju atau nggak yah gpp, yang penting dia senang sekolah.

Setelah saya intropeksi ke diri saya sendiri, masak kita menuntut anak kita untuk aktif atau berprestasi di kelasnya sedangkan saya sendiri di kantor nggak banyak yang bisa saya perbuat. Untung anak saya nggak balik nanya ke saya, " Pak tadi di kantor gimana, ngapain aja dari jam 8.00-16.00. Selama 8 jam di kantor ngapain aja. Harusnya saya ceritain juga ke anak saya. Waduh kalau anak saya nanya kaya gitu berat juga jawabnya. Soalnya malu juga ama istri pas sampai rumah kadang-kadang suka marah, trus nggak mau bantuan kerjaan di rumah, alasannya waduh saya capek neh di kantor. Padahal di kantor kerjaannya cuma maen internet, ngobrol dll.

Makanya saya jadi malu sendiri kalau dibalikin ke saya, kayanya saya harus jadi contoh minimal buat keluarga saya dulu baru saya nuntut anak saya untuk berbuat banyak. Kayanya kita juga nggak bisa ngelarang dia jangan nonton tive, padahal saya juga suka nonton tive, trus kita pengen anak kita jadi anak baek, tapi apa kita juga udah jadi orang baek. Waduh kayanya berat juga yach.

Kaya nya sebelum kita nyuruh anak kita melakukan sesuatu yang kita inginkan, balikin dulu dech ke diri kita apa kita udah melakukannya belum.

Tidak ada komentar: