Senin, 11 Februari 2008

Manfaat Lidah buaya

Kira-kira empat hari yang lalu dibagian hidung sebelah kanan atas saya terluka terkena kuku sendiri waktu menggaruk di saat tidur. Pas waktu bangun anak saya bilang , Yah hidung ayah berdarah. Langsung saya lihat ke cermin, oh yah cuma baret/lecet sedikit. ah kayanya ngggak apa2 tuch. Trus pas dua hari berikutnya kok lukanya lambat kering mungkin karena sering kena air. Trus istri ngasih tahu coba pang kasih lidah buaya siapa tahu cepat kering. Lantas langsung saya kasih lidah buaya hidung saya tersebut. pas kira-kira 24 jam kemudian benar aja lukanya agak kering dan kayanya membaik tuch, Alhamdulillah.

Pengalaman mengobati luka ini juga pernah dialami istri saya, sewaktu ada luka kok lama banget keringnya pas dikasih lidah buaya alhamdulilah ceat kering luka tersebut apalagi kalau dihindari dari air. Jadi kalau anak saya luka atau jatuh langsung di kasih lidah buaya. Selain tidak perih seperti obat lain lidah buaya cepat mengeringkan luka.

Sebagai informasi tambahan tentang lidah buaya adalah sebagai berikut:

Nama saintifik:
Aloe vera (L.) Burm. f. Famili: Liliaceae

KEGUNAAN DALAM PERUBATAN TRADISIONAL
1. Merawat kulit terbakar - sapukan isi daun yang berlendir kepada kawasan yang berkenaan.
2. Pencuci muka - sapukan getah dan isi daun yang berlendir.
3. Tonik untuk rambut - sapukan isi daun kepada rambut.

BAHAN INDUSTRI KIMIA YANG PENTING
1. Acemannan
2. Aloe-emodin
3. Cinnamic acid
4. Coumarin
5. Emodin
6. Folocin
7. p-coumaric acid
8. Rhein
Sumber : http://www.mardi.my/bdc/herba/bm/LidahBuaya4.html diakses tanggal 11 Pebruari 2008

Tidak ada komentar: