Kamis, 28 Februari 2008

memberi dan memberi

kata-kata itu gua dapetin di novel laskar-laskar pelangi ( pinjem punya ira). Ceritanya di sekolah yang sangat terbatas fasilitasnya, murid-muridnya nggak ngeluh malah berprestasi dech. Trus gua berpikir ke diri sendiri, kayanya belum banyak yang bisa gua berikan ke keluarga, saudara, ke tetangga, saudara, orangtua, ke kantor, dan apalagi ke negara dan agama gua. Kayanya selama ini gua banyak minta. Minta keluarga untuk ngertiin gua kalau pulang kerja ceritanya capek habis kerja padahal gua dikantor kerjanya cuma ngobrol, ketawa, ama ngenet, sedang tugas-tugas dari kantor terkenal paling lambat ngumpulin tugas. tanpa menghiraukan capeknya istri gua di rumah selama berjan-jam yang ngeberesin rumah ama masak. minta kantor untuk fasilitas komputer untuk ngetik yang selama ini dikeluhkan hampir semua fungsional, padahal kayanya bisa aja dikerjaan kalau nggak mendadak. Kayanya dipikir-dipikir cukup aja deh komputer di kantor, kalau diruangan sendiri penuh tebel muka aja ngerjaain di tempat lain. Kayanya kalau jam 12.00 ke atas di PD sepi dech. Apalagi ada laptop yang bisa dipake siapa aja. Trus ama agama gua minta supaya diberi apa yang gua pinta tanpa pernah memberi seperti yang perintah agama. Kayanya bisa dihitung dech berapa kali gua sedekah, berapa kali gua ngasih ke Allah sholat yang khusu'. Kayanya bagus juga dech prinsip kodir kawan gua. Katanya dia punya prinsip kalau dapat duit apapun dia ngusahain dipotong buat sedekah/memberi orang lain terutama yang susah. Trus kalau ada orang minta-minta baek itu untuk sumbangan masjid atau apapun, terlepas dari sumbangan itu benar apa tidak yach kasih aja kalau ada duit. Kayanya kalau kita banyak ngasih pasti Allah akan memberi kita lebih dech. Ada yang bilang kalau kita banyak memberi nanti banyak dikasih kita. Tapi kita harus bertekad dech banyak memberi jangan hanya bisa minta saja. Jangan sampai nggak ngasih. Kayanya bagus juga prinsip kodir. Ke tetangga juga jarang memberi bantuan baek berupa tenaga, makanan atau lainnya. Kayanya gua pengennya dikasih terus. Trus kalau keluarga sakit di rumah sakit, kayanya pengennya dikunjungi ama kawan. Padahal kalau kawan gua sakit belum tentu gua mau besuk. Kata andrie wongso kalau kita memberi supaya jangan sakit hati kita jangan sampai kita minta supaya dia membalas jasa kita. Kita harus ikhlas memberi seuatu kepada orang. Kalau kita ikhlas hati kita tenang, niatkan aja hanya tuhan yang bisa membalas kebaikan kita tersebut.


Kata aa gym, gua harus berubah dech, mulai dari yang kecil-kecil dulu dech, mulai saat ini, dan mulai dari diri sendiri. Usahakan jangan meminta ke manusia, tapi banyak memberi. Mintalah sebanyak-banyak ama Allah. Dan berikan lah yang terbaek apapun bentuknya dengan ikhlas.

Tidak ada komentar: