Jumat, 08 Februari 2008

Masih sekitar banjir di Jakarta

Pada hari Rabu sore, jam 16.30. di acara let's go green (metro TV) dengan tema menyikapi keabnormalan iklim. Nara sumber dari Direktorat Tata Ruang PU dan Kepala BMG (waduh namanya lupa). Inti dari pembicaraan tersebut adalah salah satu parameter dari perubahan iklim (climate change) adalah naiknya temperatur (suhu), Naiknya permukaan air laut , perubahan curah hujan dan yang keempat adalah perubahan ekstrim dari ketiga faktor tersebut.

Berdasarkan parameter dari keempat tersebut ternyata dampak langsung akibat perubahan iklim/global warming /efek dari rumah kaca adalah masyarakat yang tinggal di pesisir. Jadi hal ini juga harus diantisipasi segera mungkin agar masyarakat tetap waspada akan perubahan iklim tersebut. Hal ini sudah dirasakan oleh masyarakat di sekitar pesisir daerah takisung (Desa sungai Rasau)dan sekitar batulicin dimana pada saat lalu gelombang pasang sudah tidak wajar sampai ke jalan-jalan ditambah lagi gelombang tinggi. Belum lagi ditambah kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh tidak pedulinya masyarakat terhadap lingkungannya.

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk minimal berpartisipasi memperlambat pemanasan global ini. Sebab pemanasan global tidak bisa dihindari tapi bisa diperlambat. Salah langkah kecil kita untuk berperan memperlambat pemanasan global ini mungkin dibawah ini bisa jadi acuan kita:
1. Dalam membeli barang elektronik usahakan yang ramah lingkungan. Sekarang banyak kok barang elektronik yang berlabel ramah lingkungan
2. Pake lampu di rumah yang ramah lingkungan. Kalau belum bisa pakai philip (harganya emang agak mahal) yach bisa juga yang 5.000 ribu asal bukan lampu pijar
3. Mengurangi pemakaian kendaraan/sepeda motor yang dua tak. Kalau bisa pake yang 4 tak dech. Trus kalau mau pergi yang hanya berjarak sekitar 300 m jangan pake motor lah kalau bisa diusahakan jalan kaki. Selain untuk kesehatan juga untuk mengurangi polusi/mengurangi emisi karbon di udara. Coba bayangkan kalau penduduk indonesia yang jumlahnya sekitar 200 juta lebih ini dalam sehari mengurangi pake kendaraan motor berapa emisi yang bisa berkurang ?????
4. Membuang samah pada tempatnya.
5. Lebih mencintai produk lokal (mengurang biaya transportasi (emisi kurang)

Tidak ada komentar: