Kamis, 14 Februari 2008

PENTINGNYA TUJUAN DALAM MELAKUKAN SESUATU HAL

Pernah saya baca diblog, saya lupa blog siapa. Dia mengutip dari kultum nya aa gym, bahwa dalam segala sesuatu apapun yang akan kita lakukan harus ada tujuannya. Misalkan kita akan sholat neh, buat apa kita sholat? Itu harus ditanyakan ke diri kita. Apa hanya untuk menggugurkan kewajiban kita sebagai seorang muslim sehingga kita nggak akan dianggap nonmuslim, atau memang kita untuk mendekatkan diri kita kepada Allah. Berkaca pada diri sendiri, kadang-kadang saya dalam melaksanakan sholat sekedar untuk menjalankan kewajiban kita aja. Apalagi kalau lagi sholat sendirian maunya cepat selesai aja sholatnya. Pernah ada cerita dari keponakan saya, katanya kepada bapaknya, ”Pak kok om wawan sholatnya cepat amat, bacaannya apaan tuch yah?. Waduh ngedenger cerita dari kakak ipar saya jadi malu juga.
setelah saya ingat-ingat emang benar kalau saya sholat wajib di rumah tuch baek waktu masih buhangan atau sekarang kayanya emang benar waktu mau sholat kok buru-bura amat. Malah kadang-kadang suka lupa. Dan kalau ditanya ama orang kok sholatnya cepet banget, jawab gua enteng udah biasa neh jadi cepet.

Waduh ngeri juga gua setelah dihitung-hitung selama gua hidup kok kayanya sholat gua ini baru sekedar menggugurkan kewajiban. Gimana yach caranya supaya sholat ini jadi kebutuhan?

Kata orang untuk tahap awal menjadikan sholat itu sebagai kebutuhan kita adalah salah satu caranya sebelum sholat kita harus bertanya kepada diri kita tujuan kita sholat, untuk apa kita sholat. Trus usahakan sholat secara jamaah. Ini akan membantu supaya kita tetap konsisten dan tidak terburu-buru, soalnya kita ikut imam. Waduh bisa gak yah supaya sholatnya jamaah. Kayanya yang paling berat sholat subuh ama asar tcuh. Yach kayanya harus dicoba dech. Kata orang siapa yang nggak ingin berubah dia akan "punah".

trus yang berat lagi tujuan kita ke kantor setiap hari ini untuk apa ych. apalagi sekarang udah ada uang absensi, kadang-kadang saya ke kantor hanya untuk ngisi absen. Waduh padahal waktu kita banyak di kantor neh. Waduh padahal fungsional gua udah sekarat, harus nyiapin pelurunya, gimana yach caranya. Kalau alasan dikantor komputernya terbatas , kayanya nggak bisa dibikin alasan tuh. Banyak aja numpang-numpang diseksi lain asal tebal muka diledekin orang... Tapi kayanya berat juga memanfaatkan waktu di kantor. Kayanya suasananya masih belum bisa dukung, tapi lagi-lagi ini nggak bisa jadi alasan kita untuk kerja (nggak harus nulis kan bisa baca-baca apa kek. Waduh setelah dipikir-pikir kok gua ngabisin waktu banyak secara percuma sayang juga yah. Kata istilah nya ipau tar ditanya malaikat gimana loh..

Berpulang dari itu semua kayanya mulai harus dirubah dech pikiran kita, ke kantor ini mau ngapai ....? Pernah ada kawan nyeceluk tuch suruh aja si wawan kan nggak ada kerjaan . Waduh ini merupakan kritikan yang membangun bagi gua. Tapi bagus juga ada absen yang kalau pagi jam 8.00 udah masuk di ruang kepala balai, jadi harus pagi-pagi ke kantor sekalian berebut komputer. Trus absen baru keluar jam 3.30 jadi sejak berlakunay uang makan itu kantor jadi rame terutama pada saat pagi dan sore.

Mudah-mudahan kita mulai saat ini dalam melakukan segala hal atau akan berbuat apapun harus sudah ada tujuan yang jelas. Misal kita ikut rapat/seminar harus punya tujuan lebih bagaimana kita lebih terlibat/ikut berpartisipasi secara nyata. Pernah kata kawan juga iyah nih mas wawan kok sukanya becanda pada saat kursus bahasa inggris kayanya kalau rapat-rapat resmi kayanya nggak pernah ngomong, Waduh kayanya gua harus berubah neh. Minimal dalam setiap rapat/seminar minimal "NGOMONG ACH", target utama ngenalin nama, trus yah ngasih saran sedikit. Tapi kayanya emang berat sich kita nggak bisa asal ngomong aja kita juga harus ada persiapan. Pernah nggak sengaja lihat marinus waktu mau hadir acara pembahasan kalau gak salah masalah PP No? tentang hutan rakyat. Dia nyuruh si dian tuk cari di internet rtuch cari bahan tersebut supaya nggak kosoang waktu acaranya. Jadi kayanya minimal kita ada gambaran awal mengenai masalah yang akan di bahas. apalagi sekarang di kantor ada internet gratis, dan info apapun ada tinggal kita aja ada kemauan gak tuk cari informasi tersebut. Waduh marinus mengilhami saya juga kalau mau berkontribusi pada acara seminar minimal ada bahan yang sudah kita baca. Tapi kalau tujuan kita hanya untuk sekedar hadir aja sich yach nggak usah persiapan hadir aja. Tapi kontribusi kita nggak ada.

EWaduh udah yach udah jam 15.48 nech mau pulang katanya absensi udah keluar neh
salam progress slalu.

Tidak ada komentar: