Senin, 17 Maret 2008

Jangan Berlebihan

Tema hari ini gua dapaten di lapangan murjani saat nunggu mau upacara hari bakti rimbawan. Saat ngobrol ama doni, dia ngajak gw "wan kita jalan-jalan yuch, cari bubur nggak usah ikut upacara. Wah gw bilang lagi puasa neh, walaupun akhirnya puasa gua hanya sampae tengah hari (he.. he ... soalnya gak tahan ama godain di rumah kakak ipar. Banyak makanan, soalnya ada mama (mertua)). Jadi yah buka juga akhirnya.

Kata doni, kalau diet jangan sampai berlebihan wan. Yah bagusnya bertahap, jangan langsung turun tar jadinya drop. Trus azhar juga nambahin, kawannya pernah juga diet dan berlebihan samapi nggak mau minum teh manis trus drop. aduh makasih yah sarannya.

Emang yang namanya berlebihan itu tidak baek. Terlalu berlebih berat badan nggak baek, terlalu berlebih membaca pun nggak baek tar matanya min, terlalu berlebihan santai juga nggak baek tar keteter tugas2, terlalu berlebih berharap juara juga nggak baek tar sakit hati jadinya (kaya tim paduan suara kita terlalu berlebih berharap juara). Kayanya yang bisa saya ambil pelajaran, kita boleh lah punya harapan tapi kita jangan terlalu berharap banyak terhadap hasil sesuatu yah kita serahin aja ke Allah atas hasilnya. Kita hanya berusaha tapi yah jangan terlalu berlebihan lah.

Kata aa gym sih, yang bagus, mulai dari hal-hal yang kecil dulu lah, tapi kita harus konsisten dan terus menerus. Nabi juga menghargai ibadah yang sedikit tapi berlanjut terus dan istiqomah. Itu yang lebih baek.

Begitu juga kayanya kalau kita diet. Yah yang kecil-kecil dulu lah, makan tetap seperti semula tiga kali sehari, tapi ngemilnya dikurangi. Trus ditambah ama olehraga lah. Tapi hal ini harus rutin. Walaupun hasilnya sedikit tapi berat badannya trun pelan tapi pasti lah katanya.

Begitu juga kalau kita manfaatan sumber daya alam. kayanya bagusnya sedikit-dikit dulu dimanfaatkan dan diperhatikan faktor pemelihraannya, sehingga diharapkan hasilnya berlanjut terus.

Yah mulai saat ini gw, nggak mau ngotot ah, dulu bertarget akhir bulan ini berat badan gua 68 kg, yah harus diturunkan lah target gua ini, minimal bertahan diposisi 75 kg. Sampai ditambah olehraga (lari) seminggu minimal 3-4 kali setiap 0,5 jam.

Dalam hidup ini apapun yang ingin kita capai sebaiknya jangan terlalu berlebihan hasilnya tar kalau-kalau kita drop gimana. Lebih baek hasil sedikit tapi rutin terus menerus daripada langsung dapat yang gede tapi hanya sekali.

Moga-moga tulisan ini bisa dimengerti yah.

Salam kompak selalu
Dan Stop global warming

Tidak ada komentar: