Jumat, 28 Maret 2008

Renungan di Hari Ulang tahun

Taggal 28 Maret ini gua tepat berulang tahun ke 35 tahun. dipikir-pikir gua udah lama juga yach menikmati hidup ini. trus jatah hidup gua jadi berkurang yach.

Trus gak kerasa juga gua udah 8 tahun di banjarbaru. Pas tadi pagi membawakan pembahasan RPTP lagi-lagi hasil presentase kurang memuaskan. Kadang-kadang saya merasa gak berbakat jadi peneliti dech (malu-malui almamater aja neh gua).

Tapi kemaren pas ada pembinaan dari P Jaban jadi malu dech, kata beliau peneliti sekarang lembek-lembek dulu saya harus bekerja keras untuk bisa survive sebagai peneliti. Bahkan dari cerita beliau dia sampai hanya makan bubur kacang hijau dan tempe untuk bisa hidup karena sambil sekolah dan berjalan kaki berkilo-kilo (mirip kisah dalam laskar-laskar pelangi).

Terus pesan beliau untuk meningkatkan semangat kerja harus ada inner motivasi yang kuat dari dalam diri masing-masing.


Setelah saya renungkan emang gw kayanya belum bekerja keras dech. Dikantor masih suka ngobrol dan kalau dihitung-hitung nonton tivi dan kegiatan lainnya dibanding kegiatan membaca masih banyak kegiatan lainnya. Baca sehari sejam aja belum tentu dilakukan.

Kalau kawan-kawan gw ada yang sampe jam 2 malam baru tidur untuk belajar sedangkan gua jam 9 malam aja ngantuk.

Kemaren pas dengan di radio smart fm, untuk melakukan perubahan dalam kehidupan sehari-hari, tergantung dari pertanyaan yang selalu kita keluarkan. Jangan sampe kita hanya berkata kenapa saya kok nggak bisa kaya dia. Katanya nya pertanyaan itu harus diganti dengan, BAGAIMANA SAYA BISA SEPERTI MEREKA. Jadi jangan tanyakan kenapa saya begini, kenapa saya begitu. tetapi ganti pertanyyaan tersebut dengan Bagaimana saya bisa seperti mereka. Ini pertanyaan lebih fokus untuk melakukan perubahan.

Ya Allah kuatkanlah saya untuk melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baek amiiin.

Yang harus saya tanyakan dalam diri saya sekarang harus dimulai "bagaimana saya bisa berubah". Mulai saat ini pertanyaan harus dimulai BAGAIMANA SAYA BISA .....


Trus pas baca blognya rony, ada tip-tip supaya kita beruntung:
katanya untuk hidup kita beruntung kita harus:
1. Perbanyak relasi (untuk saya harus memperbanyak relasi peneliti dari manapun untuk lebih menambah ilmu dan wawasan)
2. Pelajari hal-hal yang baru
3. Banyak memberi dan melayani dengan ikhlas
4. Harus punya tujuan dalam setiap hal
5. Bersifat fleksibel dan rileks (jangan terlalu ngoyo)
6. Mengikuti dan mengasah intuisi
7. Bersikap positip
8. Bertumbuh dan belajar terus (wah ini cocok buat peneliti nech)
9. Berani ambil tindakan
10. Pasrah pada Tuhan swt.

Moga-moga gw bisa nerapin yang 10 tersebut dan dihari yang baik ini saya bersyukur diingkatkan kawan-kawan untuk meningkatkan kinerja dan semoga Allah meridoinya amiiiin.

Tidak ada komentar: