Minggu, 27 Juli 2008

Bisa karena terbiasa

Ada anak di komplek saya, setelah dia lulus SD dia dimasukin oleh orangtuanya ke salah satu pesantren di Banjarmasin Kal Sel. Kalau nggak salah pesantern itu mengkhususkan untuk menghapal al Quran. Waktu kemaren saya ketemu anak tersebut setelah saya tanya, "Udah hapal berapa juzz de, katanya saya sudah menghapal 7 juzz al quran.

Waktu saya denger dia sudah hapal tujuh juzz, wah saya pikir hebat neh anak usia 13 tahun dalam waktu setahun sudah dapat menghapal tujuh juzz. Saya yang berumur lebih 35 tahun aja, juzz amma aja nggak hapal-hapal. Kadang malu juga kalau sholat bacaannya surat yang pendek-pendek. Malah kadang kalau baca surat al kafirun suka terbalik-balik.

Tapi setelah saya tanya gimana kok bisa hapal cepat dan banyak apa gak capek. Ternyata metodenya setiap hari dia menghapal al qur an. mulai pagi, siang sore malam. Dan dia punya target setiap hari harus nambah setengah lembar al quran dengan catatan ayat yang dihapalnya tetap diulang ulang supaya tidak lupa.

Emang kalau ada keinginan dan kerja keras kayanya apa saja bisa dicapai dech. Terus lingkungan kita juga sangat berpengaruh dech. Dan yang penting kita harus ada kemauan dan target yang harus kita capai. Jadi kayanya segala sesuatu hal itu mungkin aja terjadi kalau kita sangat menginginkannya dan bertekad untuk mencapainya.

Tidak ada komentar: