Selasa, 08 Juli 2008

Menulis di blog

Salah satu cara untuk membiasakan diri melatih otak kanan kita adalah dengan menulis. Kata mas Jamil hal ini bisa dilatih setiap hari sehabis sholat shubuh. Kalau kita mau disiplin insya Allah akan dimudahkan oleh Allah untuk melakukannya. Tapi emang terkadang kalau tidak dipaksa ide itu tidak akan muncul. Contohnya saya hari ini bingung mau nulis tentang apa yah hari ini . Tapi karena saya berusaha membiasakan diri setiap shubuh untuk menulis yah tulis apa aja dech tar juga muncul sendiri idenya.

Kata mas ewa, tulis aja yang ada dipikiran kita. Kalau kita paksa tar juga keluar idenya. Kalau kita udah sekali malas tar makin malas untuk memulainya lagi. Enggak perlu yang berat-berat dech kalau mau nulis. Yang penting kita nulis. Apalagi sekarang sudah ada media untuk menulis seperti nulis diblog.

Tapi ada trik untuk nulis diblog. Tulisan diblog itu nggak perlu panjang-panjang dech. Katanya kalau panjang-panjang tar kasihan waktu si pembaca habis untuk membaca blog aja. Tar kerjaannya sehari-hari terlantar. Ini juga saya rasakan dech. Kalau udah baca blog nggak kerasa berjam-jam. Jadi kalau kita nulis di blognya terlalu panjang tar pembaca jadi malas untuk membacanya. Katanya kalau mau nulis diblog cukup 1-2 lembar dengan spasi satu ukuran hurufnya 12 time new roman. Yah kalau menurut saya cukup lah minimal sehari satu lembar tulisan.

Yang paling susah adalah mencari tema apa yang harus kita tulis. Tapi kalau kita udah berpikir sebelumnya tar juga idenya datang sendiri tuch. Kalau kita paksakan otak kita besok nulis apa lagi yah. Tar juga idenya dating sendiri. Terkadang ide itu datang pas injuri time saat kita nulis. Bisa saat kita mau mandi, saat kita sekilas lihat tivi. Atau saat kita ada di jalan. Atau saat kita ada masalah.

Tapi udah beberapa hari ini saya nggak sempat buka internet. Tapi ini jangan dijadikan alasan untuk nggak nulis di blog. Untuk mengakalinya sudah beberapa hari ini saya mencoba menulisi blog itu di rumah dulu di computer pribadi. Sekitar jam 5 subuh saya udah nyalain computer. Trus tulisan itu saya simpan di flash disc. Tar sampai kantor tinggal masukin diblog.

Soalnya kalau nggak gitu susah untuk nulis langsung diblog. Yah sekalian membiasakan diri untuk bangun pagi. Daripada gua nonton tivi subuh-subuh lebih baik gua nyalain computer nulis apa aja. Sekalian untuk melatih otak menuangkan segala ide, permasalahan. Tapi kalau gua mau bangun pagi yah harus berkorban malamnya nggak boleh nonton empat matanya tukul arwana. Kalau tidurnya di atas jam 11 malam susah untuk bangun paginya. Yah gua harus berkorban lah nggak lagi nonton tivi malam-malam. Dulu gua paling kuat nonoton tivi. Malah pernah gua bias nonton tivi sampai jam 2-3 pagi.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas tolong baca tulisan saya berjuduk: Menulis bak sholat. Kalau ngak salah di buku Menulis Mari Menulis atau di blog saya juga ada tu. Insya Allah, Mas akan kesusahan menghilangkan ide saking banyknya he he