Jumat, 20 Juni 2008

Cangkul



Kemaren waktu habis beli cangkul di martapura. Karena nggak ahli memasang ulu cangkulnya maka saya cari tukang kayu ulin untuk memasang ulu cangkul tersebut. Setelah cari-cari tukang kayu ulin di pinggir jalan trus cari pas lagi sepi maka dekat guntung payung dekat rumah ternyata mau memasangkan ulu cangkul tersebut.

Setelah nunggu sekitar 20 menit akhirnya ulu cangkul tersebut terpasang juga. Emang lain kalau yang masang ahlinya. Rapih, kuat dan mantap lah cangkul saya tersebut. Mungkin begitu juga dalam kehidupan kita sehari-hari. Serahkan segala sesuatu pada ahlinya. Pernah ada kejadian lucu di komplek saya. Mungkin entah alasan apa mau belajar atau mau mencoba sesuatu hal yang baru. Kawsan saya tersebut mencoba memplester dapurnya sendiri. Mungkin karena kurang ilmunya, hasil kerjaannya berantakan. Hasil plesterannnya hancur.

Tapi emang kita perlu sering latihan dalam suatu hal. Semakin sering kita berlatih maka akan sempurna pekerjaan kita. Kata orang Practice make perfect.

Kembali lagi masalah cangkul. Setelah cangkul udah beres dipasang ulunya. Trus saya tanya dimana yah mas bisa ngasah cangkulnya. Kata si mas disini bisa juga. Trus dalam hati saya sekalian aja ah ngasah arit saya. Kayanya in namanya kepuhunan (kata nya sih artinya kualat). Pas ngasah cangkul aman-aman ajaeh pas ngasah arit mungkin karena bentuknya yang setengah bulat makanya agak susuh di asah. Mas yang ngasah kena ujung aritnya. Jadi luka dech tangannya. Mungkin ini juga yang disebut kepuhunan.

Tidak ada komentar: