Jumat, 27 Juni 2008

Menjaga mood olahraga



Alhamdulillah tadi pagi ke puskesmas chek tensi, ternyata tensi saya udah normal 120/90 . Dulu waktu pertama kali di tensi sekitar bulan desember 2007 tensi gua 160/100. Langsung dokter ngasih surat supaya gua istirahat. Wah kaget juga ngedengernya neh. Padahal nggak sengaja juga gua ke puskesmas soalnya niatnya cuma nganterin istri berobat. Padahal saat itu gua mau ke lapangan.

Kebetulan pas tahun baru gua mulai bertekad untuk melakukan perubahan diri dengan mencoba berolahraga secara rutin. Tapi gua ini termasuk yang nggak bisa olahraga dech. Main badminton nggak bisa, main tenis apalagi, main bola nggak bisa juga, main golf apalagi. Wah kayanya olahraga yang semua orang pasti bisa yah jogging. Gua inget bapak gua sejak terkena stroke, tiap pagi jalan kaki di sekeliling rumah habis shubuh sekitar satu jam. Masak gua kalah semangatnya ama bapak gua. Yah udah deh gua mulai awal tahun 2008 ini bertekad mau jogging di komplek. Soalnya joggng ini nggak tergantung apapun, hanya tergantung kemauan kita aja dech. Gua inget waktu awal gua mulai ciri-cri fisik gua adalah: pakai celana ukuran 38, berat sekitar 84-87 kg. lingkar pinggang sekiatar 119, tensi gua 160/100.

Pas tadi pagi gua nimbang berat badan gua sekitar 73 kg, ukuran celana sekitar 34. Sekarang untungnya celana ama baju yang dulunya ngak muat sekarang enak dipakai.

Emang pas awal lari berat juga rasanya, setiap satu putaran gua istirahat, tapi sekarang dalam putaran 15 tanpa istirahat.

Tapi sekarang yang terpenting adalah menjaga mood kita untuk terus berolahraga. Pernah suatu waktu gua seminggu jogging trus nggak kontrol makanan langsung berat badan gua naik. Kayanya kalau udah naik susah sekali nuruninnya. Kata orang mempertahankan lebih sulit daripada merebutnya.

Tidak ada komentar: